Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Paling Menarik Untuk Liburan

22 May 2015

Tempat Wisata Di Sulawesi Utara - Provinsi adalah 33 dan resmi dibuka sejak 5 Oktober 2004 di bawah Undang-Undang no. 26 tahun 2004. Mamuju dan ibukota provinsi terdiri d Polewali Mandar, Mamasa, Majene, Mamuju dan Mamuju Utara.

Wilayah yang terletak di pantai Sulawesi Barat dan lokasi sangat strategis karena merupakan segitiga gerbang yang menghubungkan provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, sehingga daerah daerah 11.057,81 km2 sebelum mekar dijuluki “segitiga emas”.

Borders di utara dengan provinsi Kabupalen Donggala Sulawesi Tengah, Distrik Selatan dan Kabupaten Polmas Majene di Timur oleh Tator dan Kabupaten Luwu dan dibatasi di sebelah barat oleh Selat Makassar.

Info lengkap ada di - Tempat Wisata Di Sulawesi Utara

Tuntutan pemisahan dari Provinsi Sulawesi Selatan telah mulai masyarakat di wilayah Eks Afdeling Mandar sejak sebelum Indonesia merdeka. Selanjutnya, Polewali Mamasa-juga dipisahkan menjadi dua kabupaten terpisah yaitu Polewali dan Kabupaten Mamasa.

Untuk jangka panjang, daerah ini telah menjadi salah satu daerah yang paling terpencil di Sulawesi Selatan. Penyebab termasuk jarak yang cukup jauh dari ibukota propinsi (Makassar), kondisi geografis pegunungan dengan infrastruktur jalan yang buruk.

Kabupaten Mamasa geografis dibatasi oleh Mamuju, perbatasan Southern District Polmas, dengan timur dan Pinrang Tator Kabupaten dan barat dari Kabupaten Mamuju.

Mamasa Valley adalah wilayah yang terletak di sebelah barat dari Tana Toraja sehingga sering disebut dengan nama Tana Toraja Barat.

Daerah ini memiliki pemandangan alam yang indah dan budaya yang unik. Meskipun kedua daerah yang terletak berdekatan dengan tetapi ada perbedaan budaya antara masyarakat di Lembah Mamasa dengan di Tana Toraja.

Mamasa rumah adat memiliki atap kayu yang berat dengan bentuk melengkung yang tidak lerlalu sementara Toraja rumah tradisional memiliki atap kayu dengan bentuk seperti huruf ‘U’. Selain itu, orang tidak memiliki upacara Mamasa terlalu banyak seperti di Toraja.

Mamasa merupakan desa terbesar di lembah ini dengan udara bersih sejuk dan ramah orang. Puncak ini terjadi hanya desa pada hari pasar ketika orang-orang yang tinggal di lereng gunung di lembah ini datang ke desa Mamasa untuk menjual barang dagangannya.

Area di sekitar Desa Mamasa memiliki pemandangan yang sangat indah. Kendaraan yang tersedia bermotor (ojek) atau angkutan umum yang bisa disewa di desa Mamasa yang dapat digunakan untuk berkeliling ke berbagai tempat menarik di sekitar daerah.

Kabupaten Mamasa memiliki beberapa tempat wisata budaya yaitu Tedong-Grave di Kabupaten tedong Minanga Mamasa, wisata alam dan Sarambu Waterfall Air Panas Mandi di desa Tadisi Sumarorong Kecamatan, Passion Fruit Perkebunan Agro Wisata di Kabupaten Mamasa, Wisata Budaya Adat House, Desa Traditional Village Ballapeu.

Mamuju terletak di pantai Sulawesi Barat, lokasinya sangat strategis karena merupakan segitiga gerbang yang menghubungkan provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, sehingga daerah 11.057,81 km2 (sebelum dimekarkan) wilayah dijuluki “segitiga emas “.

Wilayah geografis Mamuju-batas datang menyamar dengan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah, Kecamatan dan Kabupaten Polmas Majene di timur, Tator dan Kabupaten Luwu dan dibatasi di barat oleh Selat Makassar.


TAGS wisata di sulawesi utara wisata sulawesi utara tempat wisata sulawesi utara tempat wisata di sulawesi utara obyek wisata sulawesi utara


-

Follow Me